» Mengenal Olympus O-MD E-M10

by topix | Forum Diskusi Kamera | posted 05 November 2014, 09:58:10
 
Kali ini kita akan berkenalan dengan Olympus O-MD E-M10

Kesan pertama kali melihat tampilannya sudah meyakinkan kalau Olympus O-MD E-M10 bukan sekadar kamera micro fouth third yang mengikuti tren. Tapi lebih kepada bagaimana menghadirkan rasa fotografi dalam kemasan yang mungil dan berkualitas tinggi.

Saat memegangnya, langsung percaya diri untuk bisa menghasilkan gambar berkualitas. Bodinya dibuat dengan bahan logam dan memiliki grip tambahan memberikan kesan yang solid dan durabilitasnya tak diragukan layaknya kamera profesional yang berbodi besar.



Apalagi dirancang dengan gaya vintage sehingga tombol-tombol yang kita temukan pada kamera profesional, juga didapatkan pada bodi compact ini. Membuat pengoperasian semisal aperture, speed dan kompensasi begitu mudah. Dengan tombol-tombol tersebut, layaknya kamera profesional saat kita melihat di jendela bidik, tangan begitu mudah melakukan settings.



Pembekalan Electronic Viewfinder (EVF) besar yang memiliki visibilitas jelas dan terang dengan kualitas gambar yang baik semakin memperjelas bahwa Olympus O-MD E-M10 memang dirancang bagi kaum profesional sebagai second camera. Bisa juga bagi fotografer yang menginginkan kamera berkualitas dalam kemasan bodi yang kecil. Saat mencoba EVF-nya, obyek terlihat jelas dan terang layaknya apa yang kita hasilkan.



Kita akui tak hanya sisi luar tampak begitu premium, begitu pula teknologi yang diusung menawarkan fitur yang handal. Termasuk kecepatan bidiknya yang mampu menangkap obyek hingga 8 frame per detik sehingga dapat melakukan tembakan yang baik untuk obyek yang bergerak cepat. Itu berkat titik AF-nya mencapai 81 yang sangat powerfull untuk fokus yang cepat.

LCD yang besar dengan layar sentuh memberikan kemudahan ketika melakukan fokus langsung ke obyek yang dimaksud. Mudah mengarahkan atau memindahkan area fokus di kondisi yang cepat, sehingga tidak ada kata salah fokus lagi. Hal itu yang sangat bermanfaat bagi fotografer dengan adanya layar sentuh.



Sedangkan pembekalan prosesor TruPic VII yang juga kita temukan pada model O-MD E-M5 dan O-MD E-M1 tentu kualitas gambar yang dihasilkan sempurna dan memiliki sensitivitas tinggi di kondisi low light. Adapun 3-axis VCM yang terdapat pada bodi memberikan kestabilan bidikan pada setiap lensa meski saat mengambil gambar tangan sedikit goyah.

Karena Olympus O-MD E-M10 ini bisa dijadikan sebagai second camera bagi fotografer profesional, tentu dibekali sinkronisasi flash untuk 1/250 detik, bahkan di posisi pengambilan gambar di siang hari. Ini menandakan kalau kamera seri O-MD paling bawah ini tetap powerful dalam menghasilkan karya fotografi yang baik.

Spesifikasi
Resolusi : 16-megapixel
Prosesor : TruePic VII
EVF : Approx. 1.44 megapixels, 1.15x magnification
LCD : 3.0' tilting monitor
ISO : LOW (approx. 100) to 25600
Kecepatan shutter : 1/4000-sec.
Continuous : 8.0 fps (in case of "I.S. Off")
IS : Built-in 3-axis image stabilization
Dimensi : 119.1 mm (W) x 82.3mm (H) x 45.9mm
Bobot : Approx. 400g (with battery and memory card)
Harga : Rp 13.499.000,- (Kit lens)

Pointer
1. Bodinya mantab di genggaman dan sangat enjoy pengoperasiannya
2. Layar bisa ditarik dari atas ke bawah untuk memenuhi high angle
3. Dibekali Wi-Fi untuk kemudahan transfer dan pengoerasian nirkabel

Rating
Desain : 90
Fitur : 95
Performa : 90
Kualitas Gambar : 90
Pengoperasian : 90
Total : 91

Liat di sisi artikelnya : http://www.kaskus.co.id/thread/5417fbb71a99759b1d8b4573/?ref=homelanding&med=hot_reviews



» Old Comments (0)

FORUM

»

BURSA