» 6 Tips Pengaturan Shutter Speed Fotografi Landscape

by topix | Forum Teknik Fotografi | posted 27 September 2015, 22:53:25
 
6 Tips dan cara pengaturan shutter speed untuk fotografi landscape

Berikut diantaranya:

1. Shutter Speed Pada Foto Landscape: Zooming

Teknik terakhir yang layak dicoba saat memotret landscape adalah teknik panning dan zooming pada obyek bergerak. Bagaimana melakukan teknik zooming telah ditulis disini. Dengan teknik ini, kita menggunakan kecepatan shutter sekitar 1 detik sampai dengan 5 detik, semua bergantung pada kreatifitas anda. Saat memotret landscape, teknik ini bisa dicoba pada pohon, apalagi saat anda menemukan corak dedaunan yang menarik atau bunga-bungaan yang menarik.



f/16, 3,2 detik, ISO 200, 18mm



f/22, 1/8 detik, ISO 100, 18mm

2. Shutter Speed Pada Foto Landscape: Foto Star Trail

Foto star trail alias jejak bintang membutuhkan banyak prasyarat: langit yang cerah, udara bebas polusi dan kesabaran yang tinggi, namun hasilnya memang priceless. Teknik ini dilakukan dengan membuka shutter kamera dalam periode yang lama dan berulang-ulang (untuk stacking,/em> nantinya. Belfot pun telah membahas teknik foto strat trail disini kalau anda tertarik mendalami lebih detail.



f/2.8, 1200 detik x 3 stacking, ISO 100, lensa fisheye.

3. Shutter Speed Pada Foto Landscape: Membekukan Ombak

Kebalikan dengan teknik pada nomor 3 diatas, kali ini kita mencoba menggunakan shutter speed tercepat yang kita punya. Kalau memperoleh shutter speed lambat tidak bisa (memotret disiang hari atau tak membawa filter), jangan jadikan halangan, gunakan yang cepat. Saat memperoleh shutter speed diatas 1/250 detik, kreatiflah dengannya. Hentikan dan bekukan ombak, aliran air, riak air atau gerakan air apapun dengan kecepatan tersebut. Saat menggunakan teknik ini, makin panjang rentang fokal lensa anda serta makin canggih kemampuan anda menangkap momen, makin dramatis foto anda.



f/3.5, 1/300 detik, 75mm



f/3.5, 1/1600 detik, iso 100, 190mm

4. Shutter Speed Pada Foto Landscape: Buih Laut/Aliran Air Sungai

Kalau anda memiliki filter ND, anda bisa mencoba teknik ini saat sore hari. Cobalah memotret ombak lautan (aliran air sungau kalau laut jauh dari jangkauan) dengan menggunakan shutter speed 5 detik atau lebih lambat, dengan begitu ombak dilautan akan terlihat seperti kapas lembut atau bahkan kabut super lembut. Semakin lambat shutter speed anda, riak dan gelombang akan makin terlihat dramatis dan makin mirip seperti kabut atau bahan pualam yang mengkilap. Kalau anda punya filter ND “big stopper” yang mampu memangkas 3 sampai 10 stop cahaya, efek pualam tadi akan mudah dicapai.



f/8, 10 detik, ISO 200, 26mm



f/11, 10 detik, ISO 100, 55mm



f/8, 25 detik, ISO 200, 23mm

5. Shutter Speed Pada Foto Landscape: Jejak Lampu

Membuat foto jejak lampu (light trail, traffic trail) pas dilakukan saat malam atau remang. Hindari jalan yang terlalu macet, karena berapapun lambatnya shutter yang  digunakan, lalu-lintas yang macet tidak bergerak tidak akan menghasilkan foto light trail yang keren. Teknik membuat foto jejak lampu, sudah dibahas belfot disini, silahkan dilongok.



f/16, 30 detik, ISO 100, 35mm

6. Shutter Speed Pada Foto Landscape: Air Terjun

Cara paling dramatis memotret air terjun, atau aliran air adalah dengan menggunakan shutter speed yang super lambat. Perhatikan pada foto diatas, setting aperture pada f/22 dan ISO 100 digunakan untuk memperoleh shutter speed yang hanya 2,5 detik, sehingga air terlihat seperti kapas. Saat mendung menggelayut (yang artinya shutter speed lambat), cobalah cari air terjun atau sungai yang cukup bersih dari sampah lalu gunakan teknik ini. Lebih ideal lagi kalau anda punya filter ND dan polarisasi, tapi itu bukan syarat mutlak. Jangan lupa, untuk shutter speed serendah ini, bawa tripod.



f/22, 2,5 detik, ISO 100, 22mm



f/22, 1 detik, ISO 100, 20mm

Selamat berkreasi

Source: http://belfot.com/6-teknik-shutter-speed-kreatif-fotografi-landscape/



» Old Comments (0)