» Seputar Nikon D700

by topix | Forum Diskusi Kamera | posted 01 Juli 2011, 09:04:59
 


D700 adalah kamera DSLR profesional 'kompak' pertama dari Nikon, dan bersaing dengan  Canon EOS yang baru ini mengumumkan 5D Mark II dan Sony DSLR -A900. Kemampuan D700 hampir mirip dengan D3, saudara tuanya yang telah muncul terlebih dahulu, bahwa sensor image yang dihasilkan sebesar 12,1 MP fullframe (FX) dan memiliki mesin yang identik, namun memiliki ukuran body yang lebih kecil karena D700 tidak dilengkapi dengan vertical grip layaknya D3. Keduanya sama-sama memiliki keunggulan dalam hal pemakaian sensor CMOS berukuran 24 x 36mm (mendekati ukuran film 35mm), sehingga kinerja sensor dalam meningkatkan kualitas hasil foto meningkat tajam. Apalagi dengan sensor FX, tidak lagi dikenal adanya istilah crop-factor 1,5x pada lensa yang dipasang, sehingga bila kamera FX dipasangi lensa 14-24mm maka akan memberikan panjang fokal apa adanya, bukan dikali 1,5 menjadi 21-36mm (layaknya bila dipasang di kamera berformat DX). Oleh karena itu kamera FX amat cocok untuk memotret landscape (bila memakai lensa ultra wide tentunya).



Nikon D700 Key Features

- 12.1 megapixel full-frame sensor (8.45µm pixel pitch)
- Image Sensor Cleaning (vibration) *
- ISO 200 – 6400 (with boost up to ISO 25600 and down to ISO 100)
- Also supports DX lenses, viewfinder automatically masks (5.1 megapixels with DX lens)
- 14-bit A/D conversion, 12 channel readout
- Same ultra-fast startup and shutter lag as D3
- Nikon EXPEED image processor (Capture NX processing and NR algorithms, lower power)
- New Kevlar / carbon fibre composite shutter with 150,000 exposure durability *
- Multi-CAM3500FX Auto Focus sensor (51-point, 15 cross-type, more vertical coverage)
- Auto-focus tracking by color (using information from 1005-pixel AE sensor)
- 95% coverage, 0.72x magnification viewfinder *
- Auto-focus calibration (fine-tuning), fixed body or up to 20 separate lens settings
- Scene Recognition System (uses AE sensor, AF sensor)
- Picture Control image parameter presets
- 5 frames per second continuous with auto-focus tracking*
- Optional MB-D10 Battery Pack (same as D300), increases burst rate to 8 fps *
- UDMA compatible single CF card slot *
- 3.0″ 922,000 pixel LCD monitor
- Live View with either phase detect (mirror up/down) or contrast detect Auto Focus
- Virtual horizon indicates if camera is level (like an aircraft cockpit display)
- HDMI HD video output
- 'Active D-Lighting' (adjusts metering as well as applying D-Lighting curve)
- Detailed ‘Control Panel’ type display on LCD monitor, changes color in darkness
- Magnesium alloy body with connections and buttons sealed against moisture
- Improved Info display on main screen *

Atribut Fisik
Tidak terdapat banyak perbedaan antara D300 dan D700. Saat memegang D700 untuk pertama kalinya, Anda pasti akan merasakan perbedaan dalam hal bobot. Dengan berat sekitar 995 g, bobot D700 berada di antara D300 dan D3. Istilah ‘D3-lite’ yang diberikan oleh beberapa situs dan blog rasanya memang tidak salah.

D700 memiliki sensor CMOS FX format ukuran 36,0 (h) x 23,9 mm(v) yang mirip (atau malah sama) dengan yang diusung D3. Seting ISO juga sama, dengan nilai ISO maksimum 25.600 (seting HI 2). Sementara seting ISO terendah adalah L1.0, yang bisa diartikan dengan ISO 100. Sekali lagi, kami harus menekankan bahwa kamera ini masih merupakan unit pra-produksi, karena itu kami tidak memberikan contoh pemotretannya.

Rumah untuk cermin pentaprismanya juga terlihat lebih lebar dibanding dengan yang dimiliki D300. Masuk akal memang, karena kamera ini kini memiliki sensor yang lebih besar. Panel LCD atas D700 juga terkena imbas revisi, dengan layar yang lebih kecil; panel LCD atas milik D300 lebih besar dibanding D700, bisa Anda lihat perbandingannya di gambar.

Yang hilang di bagian belakang adalah pegangan untuk membuka ruang penyimpanan kartu memori. Di sini Anda akan menjumpai tombol Info. Saat menggunakan tombol ini secara normal (tombol ini bersifat programmable), tombol Info menampilkan bermacam informasi pemotretan. Anda juga bisa mengatur tampilan layarnya akan seperti apa – hitam untuk lokasi yang terang, atau putih untuk lokasi yang lebih gelap. Hal ini akan mempermudah Anda dalam mengatur seting tanpa harus terus-menerus berganti melihat dari jendela bidik ke layar LCD bagian atas.

Jika tombol ditekan dalam mode Live View, Anda bisa memilih bermacam tampilan – dengan atau tanpa informasi, dengan tampilan grid, atau dengan Virtual Horizon yang berada di tengah layar untuk membantu Anda menyesuaikan posisi datar kamera. Fitur ini akan sangat membantu Anda mengatur kamera agar berdiri rata dengan horizon dalam pemotretan landscape.

Secara umum, D700 adalah langkah yang bagus bagi Nikon yang jika menengok ke belakang, menjadikan D3 terlihat jauh lebih baik karena meninggalkan akar DX perusahaan. Full frame memiliki lebih banyak keunggulan, bukan hanya sekedar meningkatkan resolusi dan menekan tingkat noise, namun juga memberikan fleksibilitas lebih dalam hal kompatibilitas lensa. Karena akan dipasarkan dalam waktu dekat, kami pastikan HWM akan menguji kamera ini sesegera mungkin.

source: http://imajiplus.wordpress.com/beli-kamera/nikon-d700-dslr-fx-yang-kompak/
http://reskakoko.multiply.com/journal/item/145/Nikon_D700_Spesial_Preview_




» Old Comments (1)

06 Juli 2011 | 08:26:12
topix : belum nyobain 10500

FORUM

»

BURSA